Paper Quilling

Sejarah Paper Quilling

Anda pencinta craft???? Wajib tahu kreasi cantik paper filigree (paper quilling) ini. Salah satu kreativitas seni dengan teknik menggulung ini memang baru saja marak digemari para craft hobbies di Indonesia. Hal tersebut karena telah banyak contoh produk yang bisa dipraktekkan sendiri di rumah dan mudahnya memperoleh bahan-bahan.
Paper quilling, pertama kali diperkenalkan oleh biarawati di Eropa dengan nama paper filigree atau roll work. Pada abad ke-17, para biarawati di Perancis dan Italia tersebut mengaplikasikan kreasi seni ini ke dalam ornamen-ornamen bersifat religius. Di Inggris pada zaman Victorian, ketika raja George III berkuasa, seni work roll ini sangat terkenal. Putri raja George sangat menyukai kreasi ini, beliau sering memberikan hadiah kepada teman-temannya dengan hiasan paper filigree hingga beliau dikenal dengan nama putri roll work. Kreasi seni ini kemudian berkembang hingga Amerika, dengan semakin beragamnya motif dan pengaplikasian paper filigree. Beberapa diantaranya dijadikan hiasan pada kartu, pigura serta kalender.

Di Indonesia sendiri, kreasi paper quilling mulai dikenal mulai pertengahan abad ke-20. Pada masanya, paper quilling menjadi kreasi "elite". Penggemar, pemerhati, dan pengrajin paper quilling masih terbatas kalangan karena nilai kreasi ini yang masih tergolong mahal. Hal tersebut dikarenakan, kertas quillingnya yang belum diproduksi oleh pengusaha lokal.
Perkembangan kreasi ini semakin memasyarakat melalui media sosial, komunitas craft yang sering mengadakan workshop, serta buku-buku kreasi impor. Kreativitas mulai dipertajam, sehingga penggunaan kertas quilling tidak terbatas hanya mengandalkan kertas impor. Kertas HVS warna, kertas fancy, hingga kertas gelombang yang kesemuanya adalah kertas lokal yang mudah didapat, bisa digunakan sebagai bahan berkreasi paper quilling.

Bahan dan Alat Paper Quilling


  1. Paper quilling. Kertas yang biasa digunakan adalah kertas HVS warna warni ukuran A4 dengan berat 80 gram.
  2. Jarum quilling. Jarum quilling bisa dibuat sendiri dari jarum jahit panjang yang ditumpulkan mata jarumnya, kemudian pangkal jarum dipasang pegangan dari bilah kayu.
  3. Papan quilling
  4. Cutter
  5. Pinset
  6. Lem kertas
  7. Tusuk gigi
  8. Gunting
  9. Penggaris
  10. Penggaris bulat
  11. Alat tambahan : gunting craft dengan aneka pola gelombang & puncher paper dengan aneka pola karakter.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

kertas warna warni (spektra) A4 - 80 gram

Punch out paper aneka bentuk